Sunday, February 2, 2014

A. Pengertian Sastra
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) arti kata sastra adalah “karya tulis yang jika dibandingkan dengan tulisan lain, memiliki berbagai ciri keunggulan, seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya”. Karya sastra berarti karangan yang mengandung nilai-nilai kebaikan yang ditulis dengan bahasa yang indah. Sastra memberikan wawasan yang umum tentang masalah manusiawi, sosial, maupun intelektual, dengan caranya yang khas. Pembaca sastra dimungkinkan untuk menginterpretasikan teks sastra sesuai dengan wawasannya sendiri.

Menurut Wellek dan Warren (1989) sastra adalah sebuah karya seni yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. sebuah ciptaan, kreasi, bukan imitasi
2. luapan emosi yang spontan
3. bersifat otonom
4. otonomi sastra bersifat koheren(ada keselarasan bentuk dan isi)
5. menghadirkan sintesis terhadap hal-hal yang bertentangan
6. mengungkapkan sesuatu yang tidak terungkapkan dengan bahasa sehari-hari.

Sastra bukanlah seni bahasa belaka, melainkan suatu kecakapan dalam menggunakan bahasa yang berbentuk dan bernilai sastra. Jelasnya faktor yang menentukan adalah kenyataan bahwa sastra menggunakan bahasa sebagai medianya. Berkaitan dengan maksud tersebut, sastra selalu bersinggungan dengan pengalaman manusia yang lebih luas daripada yang bersifat estetik saja. Sastra selalu melibatkan pikiran pada kehidupan sosial, moral, psikologi, dan agama. Berbagai segi kehidupan dapat diungkapkan dalam karya sastra.

Sastra dapat memberikan kesenangan atau kenikmatan kepada pembacanya. Seringkali dengan membaca sastra muncul ketegangan-ketegangan (suspense). Dalam ketegangan itulah diperoleh kenikmatan estetis yang aktif. Adakalanya dengan membaca sastra kita terlibat secara total dengan apa yang dikisahkan. Dalam keterlibatan itulah kemungkinan besar muncul kenikmatan estetis. Menurut Luxemburg dkk (1989) sastra juga bermanfaat secara rohaniah. Dengan membaca sastra, kita memperoleh wawasan yang dalam tentang masalah manusiawi, sosial, maupun intelektual dengan cara yang khusus.

Berdasarkan uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sastra adalah hasil cipta manusia dengan menggunakan media bahasa tertulis maupun lisan, bersifat imajinatif, disampaikan secara khas, dan mengandung pesan yang bersifat relatif.

B. Fungsi Sastra
Dalam kehidupan masyarakat, sastra memiliki beberapa fungsi sebagai berikut
  1. Fungsi rekreatif, yaitu sastra dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi penikmat atau pembacanya
  2. Fungsi didaktif yaitu sastra mampu mengarahkan atau mendidik pembacanya karena nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung didalamnya.
  3. Fungsi estetis, yatiu sastra mampu memberikan keindahan penikmat/pembacanya karena sifat keindahannya.
  4. Fungsi moralitas, yaitu sastra mampu memberikan engetahuan kepada pembaca/peminatnya sehingga tahu moral yang baik dan buruk, karena sastra yang baik selalu mengandung moral yang tinggi.
  5. Fungsi religius, yaitu sastra pun menghadirkan karya-karya yang mengandung ajaran agama yang dapat diteladani para penikmat/pembaca sastra.
C. Ragam Sastra
Dilihat dari bentuknya, sastra terdiri dari 4 (empat) betuk berikut
  1. Prosa, bentuk sastra yang diuraikan menggunakan bahasa bebas dan panjang tidak terikat oleh aturan-aturan seperti dalam puisi.
  2. Puisi, bentuk sastra yang diuraikan dengan menggunakan bahasa yang singkat dan adat serta indah. Untuk puisi lama, selalu terikat oleh kaidah-kaidah atau aturan tertentu, yaitu: 1). Jumlah baris tiap-tiap baitnya; 2) Jumlah suku kata atau kata dalam tiap-tiap kalimat atau barisnya; 3) Irama, dan 4). Persamaan bunyi kata. 
  3. Prosa liris, bentuk sastra yang disajikan seperti bentuk puisi, namun menggunakan bahasa yang bebas terurai seperti pada prosa.
  4. Drama, yaitu bentuk sastra yang dilukiskan dengan menggunakan bahasa yang bebas dan panjang, serta disajikan menggunakan dialog atau monolog. Drama ada dua pengertian, yaitu drama dalam bentuk naskah dan drama yang dipentaskan
Dilihat dari isinya, sastra terdiri atas 4 macam, yaitu:
  1. Epik, karangan yang melukiskan sesuatu secara objektif tanpa mengikutkan pikiran dan perasaan pribadi pengarang.
  2. Lirik, karangan yang berisi curahan perasaan secara subjektif.
  3. Didaktik, karya sastra yang isinya mendidik penikmat/pembaca tentang masalah moral, tata krama, masalah agama, dan lain-lain.
  4. Dramatik, karya sastra yang isinya melukiskan sesuatu kejadian (baik atau buruk) dengan pelukisan yang berlebih-lebihan.
Dilihat dari sejarahnya, sastra terdiri dari 3 (tiga) bagian berikut:
  1. Kesusastraan lama, kesusastraan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat lama dalam sejarah bangsa Indonesia
  2. Kesusastraan Peralihan, kesusastraan yang hidup pada zaman Abdullah bin Abdulkadir Munsyi.
  3. Kesusastraan Baru, kesusastraan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat baru Indonesia. 
D. Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Karya sastra disusun oleh dua unsur yang menyusunnya. Dua unsur yang dimaksud adalah unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari dalam  yang mewujudkan struktur suatu karya sastra, seperti: tema, tokoh dan penokohan, alur dan pengaluran, latar dan pelataran, dan pusat pengisahan. Sedangkan unsur ekstrisik ialah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari luarnya, menyangkut aspek sosiologi, psikologi, dan lain-lain.

1. Unsur Intrinsik

a. Tema dan Amanat
Tema adalah persoalan yang menduduki tempat utama dalam karya sastra. Tema mayor ialah teman yang sangat menonjol dan menjadi persoalan. Tema minor ialah tema yang tidak menonjol.
Amanat ialah pemecahan yang diberikan oleh pengarang bagi persoalan di dalam karya sastra. Amanat biasa disebut makna. Makna dibedakan menjadi makna niatan dan makna muatan. Makna niatan adalah makna yang diniatkan oleh pengarang bagi karya sastra yang ditulisnya. Makna muatan ialah makna yang termuat dalam karya sastra tersebut.

b. Tokoh dan Penokohan
Tokoh ialah pelaku dalam karya sastra. Dalam karya sastra biasanya ada beberapa tokoh, namun biasanya ada satu tokoh utama. Tokoh utama ialah tokoh yang sangat penting dalam mengambil peranan dalam karya sastra. Dua jenis tokoh adalah tokoh datar (flash character) dan tokoh bulat (round character).
Tokoh datar ialah tokoh yang hanya menunjukkan satu segi, misalnya baik saja atau buruk saja. Sejak awal sampai akhir cerita tokoh yang jahat akan tetap jahat. Tokoh bulat ialah tokoh yang menunjukkan berbagai segi baik buruknya, kelebihan dan kelemahannya. Jadi ada perkembangan  yang terjadi pada tokoh ini. dari segi kejiwaan dikenal tokoh introvert dan ekstrovert. Tokoh introvert ialah pribadi tokoh tersebut yang ditentukan oleh ketidaksadarannya. Tokoh ekstrovert ialah pribadi tokoh tersebut yang ditentukan oleh kesadarannya. Dalam karya sastra dikenal pula dengan tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang disukai pembaca atau penikmat sastra karena sifat-sifatnya. Antagonis adalah tokoh yang tidak disukai pembaca atau penikmat sastra karena sifat-sifatnya. 
Penokohan atau perwatakan ialah teknik atau cara-caranya menampilkan tokoh. Ada beberapa cara menampilkan tokoh, yaitu 1). Cara analitik, ialah cara penampilan tokoh secara langsung melalui uraian pengarang. Jadi, pengarang menguraikan ciri-ciri tokoh tersebut secara langsung. 2). Cara dramatik ialah cara menampilkan tokoh tidak secara langsung tetapi melalui gambaran ucapan, perbuatan, dan komentar atau penilaian pelaku atau tokoh lain dalam suatu cerita.
Dialog ialah cakapan antara seorang tokoh dengan banyak tokoh.
Dualog ialah cakapan antara dua tokoh saja.
Monolog ialah bentuk cakapan batin terhadap kejadian lampau dan yang sedang terjadi.
Solilokui, ialah bentuk cakapan batin terhadap peristiwa yang akan terjadi.

c. Alur dan Pengaluran
Alur disebut juga plot, yaitu rangkaian peristiwa yang memiliki hubungan sebab akibat sehingga menjadi satu kesatuan yang padu, bulat, dan utuh. Alur terdiri atas beberapa bagian berikut:
  1. Awal, yaitu pengarang mulai memperkenalkan tokoh-tokohnya.
  2. Tikaian, yaitu terjadinya konflik diantara tokoh-tokoh pelaku.
  3. Gawatan atau rumitan, yaitu konflik tokoh-tokohnya semakin seru.
  4. Puncak, yaitu saat puncak konflik diantara tokoh-tokohnya.
  5. Leraian, yaitu saat peristiwa konflik semakin reda dan perkembangan alur mulai terungkap.
  6. Akhir, yaitu saat seluruh peristiwa atau konflik telah terselesaikan.
Pengaluran yaitu teknik atau cara-cara menampilkan alur. Menurut kualitasnya, pengaluran dibeakan menjadi alur erat dan alur longgar. Alur erat ialah alur yang tidak memungkinkan adanya pencabangan cerita. Alur longgar adalah alur yang memungkinkan adanya pencabangan cerita. Menurut kuantitasnya, pengaluran dibedakan menjadi alur tunggal dan alur ganda. Alur tunggal ialah alur yang hanya satu  dalam karya sastra. Alur ganda ialah alur yang lebih dari satu dalam karya sastra. 
Dari segi urutan waktu, pengaluran dibedakan menjadi alur lurus dan alur tak lurus. Alur lurus adalah alur yang melukiskan peristiwa-peristiwa berurutan  dari awal sampai akhir cerita. Alur tidak lurus ialah alur yang melukiskan tidak urut dari awal sampai akhir cerita. Alur tidak lurus bisa menggunakan gerak balik (backtracking), sorot balik (flashback), atau campuran keduanya. 

d. Latar dan Pelataran
Latar disebut juga setting, yaitu tempat atau waktu terjadinya peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sebuah karya sastra. Latar atau setting ini dibedakan menjadi latar material dan sosial. Latar material ialah lukisan latar belakang alam atau lingkungan dimana tokoh tersebut berada. Latar sosial ialah lukisan tata krama tingkah laku, adat dan pandangan hidup. Sedangkan perlataran ialah teknik atau cara-cara menampilkan latar. 
e. Pusat Pengisahan
Ialah sudut pandang suatu cerita dikisahkan oleh pencerita. Pencerita disini adalah pribadi yang diciptakan pengarang untuk menyampaikan cerita. Paling tidak ada dua pusat pengisahan yaitu pencerita sebagai orang pertama dan pencerita sebagai orang ketiga. Sebagai orang pertama pencerita duduk dan terlihat dalam  cerita tersebut, biasanya sebagai aku dalam tokoh cerita. Sebagai orang ketiga, pencerita tidak terlihat dalam cerita tersebut, ia duduk sebagai seorang pengamat atau dalang yang serba tahu.
2. Unsur Ekstrinsik
Tidak ada sebuah karya sastra yang tumbuh otonom. Karya sastra ini selalu berhubungan secara ekstrinsik dengan luar sastra. Dengan sejumlah faktor kemasyarakatan seperti tradisi sastra, kebudayaan lingkungan, pembaca sastra, serta kejiwaan mereka. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa unsur ekstrinsik adalah unsur yang membentuk karya sastra dari luar sastra itu sendiri. Untuk melakukan pendekatan terhadap unsur ekstrinsik, diperlukan bantuan-bantuan ilmu kerabat seperti sosiologi, psikologi, dan lain-lain.
Posted by: Yuliyati
Blog. Seri Bahasa Indonesia Updated at: 10:25 PM

34 komentar :

Anonymous said...

keren, mengedukasi.
Yuk sama-sama mengeksiskan kembali dunia sastra yg mulai redup.

Salam literasi,
www.sastrawacana.com

Anonymous said...

Nonton Bokep Terbaru Jav

Nonton Bokep Full HD

Nonton Bokep Indonesia Artis

Nonton Bokep JAV HD

Cewek SMA DiSodokMemek Nya Berdarah

Nonton Bokep Terbaru

Agen Poker Online No 1

Royalflush88 Agen Poker Terbaik


Agen Poker Royalflush88 Daftar Disini

Agen Bola Online No 1 Terbaik
Bokep Orang Desa

Filam Bokep Ngintip

Nonton Bokep Rekaman Cctv

Nonton Pelajar

Bokep Hentai

Nonton Bokep Janda STW

Agen Poker Online No 1

Royalflush88 Agen Poker Terbaik


Agen Poker Royalflush88 Daftar Disini

Agen Bola Online No 1 Terbaik

Anonymous said...

Ask him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Click here

Kata Kerja Mental said...

Latar disebut juga setting, yaitu tempat atau waktu terjadinya peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sebuah karya sastra. Latar atau setting ini dibedakan menjadi latar material dan sosial. Latar material ialah lukisan latar belakang alam atau lingkungan dimana tokoh tersebut berada. Latar sosial ialah lukisan tata krama tingkah laku, adat dan pandangan hidup. Sedangkan perlataran ialah teknik atau cara-cara menampilkan latar. kata kerja mental

website kurma said...

Congratulations on your article, it was very helpful and successful. f8f13c8cf6dbda36579de76367edfa1e
numara onay
website kurma
sms onay

define dedektörü said...

Thank you for your explanation, very good content. 89b4805c7953eaa2881648d4d1f92d5c
altın dedektörü

sportsbet said...

Good content. You write beautiful things.
korsan taksi
vbet
hacklink
mrbahis
vbet
mrbahis
sportsbet
hacklink
taksi

Fledgling said...

Muğla
Bitlis
Karaman
SW7U8O

FutureNinja42 said...

Adana
Elazığ
Kayseri
Şırnak
Antep
1ASİ

İpek said...

Adana
Erzurum
Sinop
istanbul
Düzce
RİDR

Muharrem234 said...

bitlis
urfa
mardin
tokat
çorum
5C1K5

QuantumCircuitMaster said...

van
düzce
mardin
elazığ
sakarya
YL8P

BinaryGoddess1Q2345 said...

izmir evden eve nakliyat
yalova evden eve nakliyat
çorum evden eve nakliyat
eskişehir evden eve nakliyat
sivas evden eve nakliyat
MNM8

SolarDreamerXYOLG129WX said...

Ağrı Lojistik
Çorlu Lojistik
Kars Lojistik
Antalya Lojistik
Rize Lojistik
VLT

QuantumGöçmen7 said...

muş evden eve nakliyat
çanakkale evden eve nakliyat
uşak evden eve nakliyat
ardahan evden eve nakliyat
eskişehir evden eve nakliyat
AG63PB

EnigmaSöylemecisi29 said...

urfa evden eve nakliyat
malatya evden eve nakliyat
burdur evden eve nakliyat
kırıkkale evden eve nakliyat
kars evden eve nakliyat
T4CZCR

F7DEEDamon61577 said...

65D1D
Kütahya Evden Eve Nakliyat
Balıkesir Lojistik
Uşak Lojistik
Kastamonu Parça Eşya Taşıma
Kars Evden Eve Nakliyat

A0856Elvin31733 said...

38362
Hakkari Evden Eve Nakliyat
Amasya Lojistik
Çankırı Şehirler Arası Nakliyat
Mersin Şehir İçi Nakliyat
Mamak Boya Ustası
Çorum Lojistik
Erzurum Şehir İçi Nakliyat
Ankara Asansör Tamiri
Karapürçek Parke Ustası

775FCMalayaF7AF9 said...

320FC
Probit Güvenilir mi
Osmaniye Şehir İçi Nakliyat
Sweat Coin Hangi Borsada
Bilecik Lojistik
Çerkezköy Evden Eve Nakliyat
Ünye Petek Temizleme
Bolu Şehirler Arası Nakliyat
Nevşehir Lojistik
Kocaeli Şehir İçi Nakliyat

7C495KylanE4248 said...

F6402
Çankaya Fayans Ustası
Afyon Lojistik
Adana Şehirler Arası Nakliyat
Nevşehir Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Boya Ustası
Çerkezköy Kurtarıcı
Samsun Parça Eşya Taşıma
Rize Evden Eve Nakliyat
Keçiören Fayans Ustası

9FE73Kailani6D29F said...

F85BA
Ankara Fayans Ustası
Kocaeli Parça Eşya Taşıma
Eskişehir Lojistik
Artvin Lojistik
Düzce Lojistik
Bolu Evden Eve Nakliyat
Gümüşhane Şehir İçi Nakliyat
Kucoin Güvenilir mi
Yozgat Evden Eve Nakliyat

D15B7Evalyn7359A said...

2FC1F
Apenft Coin Hangi Borsada
Çankırı Evden Eve Nakliyat
Ardahan Şehirler Arası Nakliyat
Ankara Parke Ustası
Çerkezköy Sineklik
Tekirdağ Parke Ustası
Bursa Parça Eşya Taşıma
Azero Coin Hangi Borsada
Malatya Şehir İçi Nakliyat

A5EA2Anne84E3E said...

5EB0F
Aydın Evden Eve Nakliyat
Uşak Şehirler Arası Nakliyat
Etlik Boya Ustası
Çankırı Şehirler Arası Nakliyat
Hakkari Parça Eşya Taşıma
Kırşehir Şehirler Arası Nakliyat
Yozgat Lojistik
Loop Network Coin Hangi Borsada
Lovely Coin Hangi Borsada

06A71Cynthia15466 said...

47D21
Yalova Şehirler Arası Nakliyat
Çankırı Şehir İçi Nakliyat
İzmir Parça Eşya Taşıma
Kırşehir Şehir İçi Nakliyat
Kırşehir Lojistik
Bilecik Evden Eve Nakliyat
Mardin Şehirler Arası Nakliyat
Kırklareli Şehir İçi Nakliyat
Silivri Evden Eve Nakliyat

3AA02AlaniD322E said...

45141
halotestin
sustanon
primobolan for sale
buy pharmacy steroids
buy boldenone
testosterone propionat for sale
order testosterone propionat
order testosterone enanthate
deca durabolin

23AEAYesenia81977 said...

4DF36
Yenimahalle Fayans Ustası
Antep Parça Eşya Taşıma
Erzurum Evden Eve Nakliyat
Vindax Güvenilir mi
Aydın Şehir İçi Nakliyat
Ardahan Şehir İçi Nakliyat
Rize Şehirler Arası Nakliyat
Kocaeli Şehirler Arası Nakliyat
Samsun Lojistik

D6CFFFrancesco25FAE said...

5AE0B
Çerkezköy Çatı Ustası
Ünye Organizasyon
Okex Güvenilir mi
Bibox Güvenilir mi
Çerkezköy Koltuk Kaplama
Muş Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Cam Balkon
Ünye Boya Ustası
Referans Kimliği Nedir

203B7Karen5514E said...

F02ED
Nonolive Takipçi Hilesi
Lovely Coin Hangi Borsada
Görüntülü Sohbet Parasız
Onlyfans Takipçi Hilesi
Bitranium Coin Hangi Borsada
Twitter Trend Topic Satın Al
Qlc Coin Hangi Borsada
Discord Sunucu Üyesi Hilesi
Bonk Coin Hangi Borsada

FA293AmiyahB167D said...

4FB10
trezor suite
galagames
poocoin
trust wallet
metamask
dcent
shiba
defillama
arculus

F866EImmanuel846D3 said...

511C4
raydium
uniswap
arculus
phantom
shiba
chainlist
aave
metamask
satoshi

__________Takipci Satin alma said...

7550F
bybit
bitcoin seans saatleri
bkex
bitcoin nasıl oynanır
btcturk
sohbet canlı
coin nereden alınır
binance referans
kraken

Takipci_Satin_alma_______ said...

DE1B4
binance
paribu
bitexen
en az komisyon alan kripto borsası
huobi
probit
probit
canlı sohbet uygulamaları
4g proxy

Takipci_Satin_alma_______ said...

0A7E9
https://toptansatinal.com/
en iyi kripto para uygulaması
bybit
bitexen
copy trade nedir
bibox
güvenilir kripto para siteleri
referans kimligi nedir
kizlarla canli sohbet

--------Takipci Satin Al said...

EB39B
bitcoin haram mı
2024 Calendar
telegram kripto para grupları
paribu
4g mobil
May 2024 Calendar
en eski kripto borsası
mexc
btcturk

Post a Comment